Model Pendidikan Pondok Pesantren Khulafaur Rasyidin

by -33 views

Model Pendidikan yang Diselenggarakan
1. Madrasah
a. Jurusan
Di Madrasah Tsanawiyah Khulafaur Rasyidin, santri wajib mengikuti semua program studi yang ditetapkan pihak sekolah sesuai kurikulum tanpa penjurusan. Sedangkan MAS Khulafaur Rasyidin untuk saat ini (2009) hanya memiliki jurusan IPS yang khusus ditujukan untuk santri kelas III.

b.Kondisi Peserta Didik
Santri MTs dan MA Khulafaur Rasyidin dapat mengikuti semua pelajaran yang telah ditetapkan baik pelajaran umum maupun pelajaran agama.

c. Ketenagaan
Guru­guru dan ustaz/ustazah yang mengajar di MTs dan MA Khulafaur Rasyidin mayoritas lulusan S1, dan banyak yang berlatar belakang pendidikan luar negeri, seperti Mesir dan Yaman. Beberapa dari mereka diikutsertakan dalam pelatihan­pelatihan guna meningkatkan kualitas kinerja sebagai pendidik.

d. Kurikulum
Kurikulum yang digunakan pada jenjang pendidikan Madrasah Tsanawiyah/Aliyah adalah perpaduan antara kurikulum madrasah dari Kementerian Agama dan Kementerian Pendidikan Nasional dengan mengadopsi kurikulum pesantren dari Pondok Modern Gontor. Pada tahun ajaran 2004/2005 MTs dan MAS Khulafaur Rasyidin sudah menerapkan sistem KBK (Kurikulum Berbasis Kompetensi). Guru­guru dan ustaz/ustazah yang mengajar di MTs dan MA Khulafaur Rasyidin juga telah memiliki modul/ pedoman pembelajaran untuk setiap pelajaran yang mereka ajarkan sesuai dengan kurikulum yang digunakan.

e. Prestasi Siswa
Prestasi siswa MTs dan MAS Khulafaur Rasyidin sangat baik. Dalam setiap event perlombaan yang diikuti, baik itu lomba pengetahuan umum, hafalan Al-Qur’an, seni kaligrafi, olahraga, dll, siswa MTs dan MAS Khulafaur Rasyidin sering mendapat­ kan juara. Dari segi lulusan, pada tahun ajaran 2006/2007 siswa kelas III Aliyah berhasil lulus dengan nilai yang baik, hanya saja ada dua orang santri putri yang belum mencapai target standar kelulusan yang telah ditetapkan oleh Kemendiknas. Sedangkan untuk tingkat MTs, semua lulus dengan nilai yang sangat baik.
Di antara prestasi santri Khulafaur Rasyidin yang pernah
diraih:
 Tahun 2002: Juara I dan II Lomba Pidato Bahasa Arab dan
Inggris School Meeting se­KKM Kabupaten Pontianak.
 Tahun 2003: Juara III Kejuaraan Karate Inkai Dandim Cup se­Kota Pontianak.
 Tahun 2004: Juara Umum Kejuaraan Karate Inkai Dandim Cup se-Kota Pontianak; Juara I MHQ dan MKQ School Meeting se­KKM MTs Negeri Sui Kakap.
 Tahun 2005: Juara II Kejuaraan Karate Inkai Dandim Cup se­Kota Pontianak, untuk Komite Beregu Junior
 Tahun 2005: Juara III Bola Voli pada School Meeting VI se­ KKM MTs Negeri Sui Kakap
 Tahun 2006: Juara II dan III Karate Inkai Tingkat Nasional.

2. Salafiyah
a.Kondisi Peserta Didik
Pada pagi hari santri Pondok Pesantren Khulafaur Rasyidin mengikuti kegiatan sekolah (MTs dan MAS). Pada sore/malam harinya mereka wajib mengikuti pelajaran sore berupa pengajian khusus untuk santri, yaitu fikih, usul fikih, tauhid, akhlak, Al- Qur’an, tafsir, hadis dan tahfiz. Di sini ditekankan bahwa setiap santri harus menggunakan bahasa Arab dalam kehidupan sehari­ harinya di lingkungan pondok.

b. Ketenagaan
Ustaz/ustazah yang mengajarkan ilmu agama di Pondok Pesantren Khulafaur Rasyidin adalah lulusan­lulusan pesantren dari Jawa, Banjarmasin, dan Aceh yang diutus langsung oleh Syekh Ramadhan ataupun pihak yayasan. Sebagian dari ustaz/ ustazah tersebut ada juga lulusan dari universitas di luar negeri (Mesir).

c. Kurikulum/Referensi Kitab
Kitab yang digunakan dalam pengajian tersebut adalah kitab klasik atau kitab kuning.

3. Model-model Pembelajaran
Pendidikan kepesantrenan yang diselenggarakan di Pondok Pesantren Khulafaur Rasyidin adalah pengajian umum untuk masyarakat dan pengajian khusus untuk santri. Pengajian umum diselenggarakan seminggu sekali dengan dikelompokkan antar kaum ibu dan kaum bapak. Untuk kaum ibu pengajian diselenggarakan pada hari Jumat pukul 14.00, dan untuk kaum bapak diselenggarakan pada hari Ahad. Sementara untuk model pembelajaran klasikal kelas sore, santri mempelajari kitab kuning. Ada juga pengajian khusus untuk santri yang diselenggarakan tiga kali dalam seminggu, dengan waktu pelaksanaan yang berbeda antara santri putra dan santri putri. Untuk santri putra pengajian diselenggarakan pada siang hari pukul 14.00, sedang­ kan pengajian santri putri diselenggarakan setelah salat Subuh.

4. Alumni
Ponpes Khulafaur Rasyidin pada tahun ajaran 2005/2006 baru melahirkan alumni kedua, di mana setelah menamatkan studinya di MAS Khulafaur Rasyidin sebagian besar dari mereka melanjutkan ke perguruan tinggi negeri ataupun swasta di Kalimantan Barat. Bahkan ada satu alumni yang saat ini sudah berada di Mesir untuk melanjutkan studinya.

5. Pendidikan Keterampilan
Selain dibekali ilmu­ilmu agama, para santri di Pondok Pesantren Khulafaur Rasyidin juga dibekali pendidikan keterampilan antara lain seperti sepak bola, bola voli, karate; komputer, seni kaligrafi, keorganisasian, dan mu♥a○arah (pidato 3 bahasa, yaitu Inggris, Arab, dan Indonesia).

6. Tenaga Pengajar
a. Latar Belakang Ustaz/Guru
Dilihat dari latar belakang pendidikan, umumnya para ustaz di Pondok Pesantren Khulafaur Rasyidin berasal dari pondok pesantren di Jawa, Banjarmasin, dan Aceh. 10 orang di antaranya berpendidikan S1―sebagiannya merupakan lulusan Universitas di Mesir―dan 12 orang berpendidikan diploma. Sedangkan guru­guru yang mengajar pengetahuan umum di MTs/MAS Khulafaur Rasydin terdiri dari 23 orang berpendidikan S1 dan 9 orang berpendidikan diploma.
b. Jumlah Ustaz/Guru
Guru yang mengajar berjumlah 22 orang yang terdiri dari 12 ustaz dan 10 ustazah. Sedangkan guru luar yang mengajar pelajaran umum dan kurikulum Kemenag di MTs/MAS Khulafaur Rasyidin berjumlah 32 orang: 16 guru laki­laki dan 16 guru perempuan.
c. Bidang Keahlian Guru
Setiap ustaz/guru mempunyai bidang keahlian masing­masing sesuai dengan bidang studi yang diajarkannya; ada yang ahli fikih, tafsir, falak, pengetahuan alam, bahasa, komputer, dan lain­lain.

7. Santri
a. Latar Belakang Santri
Dilihat dari taraf kehidupan sosial ekonomi, sebagian orang tua santri tergolong menengah ke bawah. Latar belakang pendidikan mereka pun variatif; ada yang tamatan SD, SMP, SMA/sederajat, dan beberapa di antaranya lulusan perguruan tinggi.
b. Jumlah Santri/Siswa
Jumlah santri tahun pelajaran 2005/2006 tergambar dalam tabel di bawah ini.

No Kelas Jumlah Siswa Ruang Belajar
1 I MTs 89 4
2 II MTs 56 2
3 III MTs 94 4
4 I MA 53 2
5 II MA 29 2
6 III MA 28 2
JUMLAH 349 16

c. Kegiatan Santri/Siswa
Pada pagi hari santri mengikuti pelajaran sekolah (MTs/MAS), dan pada sore dan malam harinya santri mengikuti pelajaran sore
(pengajian).
1. Pukul 03.30–05.00:
 Bangun, salat Tahajud dan Witir, salat sunah fajar, menghafal/membaca Al-Qur╨an, dan salat Subuh ber- jamaah.
2. Pukul 05.00–06.00:
 Setoran hafalan Al-Qur╨an.
3. Pukul 06.00–06.30:
 Mandi, sarapan pagi, dan persiapan belajar.
4. Pukul 06.30–07.00:
 Berada di madrasah, persiapan bai‘at.
5. Pukul 07.00–08.20:
 Program belajar kurikulum salafi/materi kepondokan
(kajian kitab kuning).
6. Pukul 08.20–08.30:
 Persiapan program belajar kurikulum Kemendiknas/ Kemenag.
7. Pukul 08.30–09.40:
 Program belajar kurikulum Kemendiknas/Kemenag.
8. Pukul 09.40–10.00:
 Istirahat I, Salat sunah Duha.
9. Pukul 10.00–11.45:
 Lanjutan program belajar kurikulum Nasional/program.
10. Pukul 11.45–13.00:
 Istirahat II, Salat Zuhur berjamaah, dan waktu makan siang.
11. Pukul 13.00–14.00:
 Lanjutan program belajar kurikulum salafi/kepondokan
(kajian kitab kuning).
12. Pukul 14.20–15.30:
 Istirahat III, salat Asar berjamaah.
13. Pukul 15.30–16.40:
 Kegiatan olah raga dan seni.
14. Pukul 16.40–17.30:
 Mandi, persiapan salat Magrib.
15. Pukul 17.30–19.30:
 Wajib berada di masjid, menghafal Al-Qur╨an, menunai-
kan salat Magrib berjamaah, salat Isya berjamaah.
16. Pukul 19.30–20.30:
 Makan malam.
17. Pukul 20.30–22.00:
 Jadwal kegiatan­kegiatan Oskar/persiapan buku­buku besok dan belajar malam.
18. Pukul 22.00–03.30:
 Pengabsenan di asrama oleh masing­masing ketua asrama, sekaligus waktu tidur hingga datang waktu salat Tahajud.

d. Tempat Tinggal Santri
Semua santri Pondok Pesantren Khulafaur Rasyidin harus mondok/tinggal di pondok dengan semua fasilitas yang tersedia di pondok.

8. Sarana dan Prasarana
a. Kantor
Kantor terdiri dari 3 ruangan: 1 ruang sekretariat umum Pondok Pesantren Khulafaur Rasyidin, 1 ruang kantor Kepala Sekolah MTs dan MAS Khulafaur Rasyidin, dan 1 ruang kantor guru. Seluruh ruangan tersebut dalam kondisi baik. Selain itu Pondok Pesantren Khulafaur Rasyidin juga memiliki 2 ruang makan (1 di asrama putra dan 1 di asrama putri), dan 1 ruangan untuk dapur umum.
b. Ruang Belajar
Ruangan belajar berjumlah 16 kelas yang masing­masing ditempati oleh siswa kelas 1 MTs (4 kelas), 2 MTs (2 kelas), 3 MTs (4 kelas), dan kelas 1, 2, dan 3 MA (masing­masing 2 kelas). Semua ruangan tersebut pun dalam kondisi baik.

c. Perpustakaan
Ada 2 ruang perpustakaan, yaitu 1 ruang perpustakaan yang terletak di asrama putri dan 1 ruang perpustakan di asrama putra. Kondisi kedua ruangan perpustakaan itu dalam keadaan baik, hanya saja perlu adanya tambahan buku­buku pelajaran dan buku pengetahuan umum sebagai penunjang pelajaran.

d. Unit Kegiatan Santri
Ruangan yang digunakan untuk kegiatan penunjang santri dalam melakukan kegiatan ekstrakurikulernya, yaitu majelis yang terletak di kompleks asrama putri. Ruangan majelis dalam kondisi baik.

e. Laboraturium
Laboraturium Komputer Pondok Pesantren Khulafaur Rasyidin mempunyai 2 laboratorium komputer: 1 di kompleks asrama putra yang dilengkapi komputer sebanyak 12 buah, dan 1 di kompleks asrama putri dengan komputer sebanyak 16 buah. Semua komputer dalam kondisi baik.Laboraturium Bahasa Pondok Pesantren Khulafaur Rasyidin belum mempunyai laboraturium bahasa karena masih sangat minimnya dana. Namun demikian, pondok pesantren sudah mempunyai 2 ruangan khusus untuk pengembangan bahasa Arab dan Inggris walaupun masih sederhana, yaitu satu di komplek asrama putra dan satu di komplek asrama putri. Kedua ruang tersebut dalam keadaan baik, tetapi belum dilengkapi dengan alat penunjang earphone atau headset.

f. Masjid
Pondok Pesantren Khulafaur Rasyidin mempunyai 1 buah masjid yang diberi nama Masjid Abu Bakar ash­Shiddiq. Masjid tersebut dalam kondisi baik.

g. Asrama Santri
Pondok Pesantren Khulafaur Rasyidin mempunyai 2 kompleks asrama: 1 kompleks asrama putra dan 1 kompleks asrama putri. Kompleks asrama putra terdiri dari 4 asrama, yaitu asrama Abu Bakar, asrama Umar, asrama Usman, dan asrama Ali. Sedangkan kompleks asrama putri terdiri dari 3 asrama, yaitu asrama Fatimah, asrama Ramlah, dan asrama Aisyah. Semua ruangan dalam kedua kompleks asrama tersebut dalam keadaan baik.

h. Perumahan Kyai/Ustaz
Pondok Pesantren Khulafaur Rasyidin mempunyai 7 unit perumahan untuk kyai/ustaz yang masing­masing unit ditempati oleh satu keluarga ustaz. Semua unit perumahan untuk ustaz tersebut dalam keadaan baik.

i. Gedung Olahraga
Sementara ini Pondok Pesantren Khulafaur Rasyidin belum mempunyai sarana olahraga, apalagi gedung olahraga yang representatif.

j. Ruang Keterampilan
Ruang ketrampilan pun sementara ini belum ada.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

No More Posts Available.

No more pages to load.